Tips Nyaman dan Menyenangkan Ibadah Umrah dengan Balita

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 05 Juni 2024, 13:27:28

Ibadah umrah bersama balita adalah pengalaman seru yang bisa Anda raih bersama keluarga. Alhamdulillah, sekarang ini Anda boleh mengajak anak-anak berumrah, bahkan anak yang  usianya kurang dari 2 tahun.

Beribadah umrah bersama balita memiliki manfaat yang besar, seperti memberikan pengalaman spiritual bagi anak Anda. Selain itu, orang tua juga dapat melatih kesabaran serta merasakan sedikit “kerepotan” ketika harus beribadah umrah sekaligus mengajak ananda.

pexels-muhammad-khawar-nazir-18996589.jpg

Foto oleh Muhammad Khawar Nazir: https://www.pexels.com/id-id/foto/kota-duduk-orang-banyak-agama-18996589/

Oleh karena itu, kami akan sajikan sedikit tips nyaman dan menyenangkan saat umrah dengan balita. Anda bisa tetap menikmati perjalanan umrah walaupun berangkat bersama dengan balita atau anak Anda bila sudah melakukan persiapan yang cukup matang sebelumnya.

Yuk, kita simak apa saja tips supaya nyaman berumrah bersama ananda tercinta!

Niat Umrah untuk Mendekatkan Keluarga kepada Allah SWT

Niat adalah hal pertama yang harus senantiasa dijaga oleh Mom & Dad yang membawa anak-anak ikut serta ke Baitullah. Niatkanlah berumrah bersama keluarga untuk menggapai ridha Allah SWT. Kuatkan niat agar menjadi keluarga yang diberkahi oleh Allah dengan upaya beribadah ke tanah suci, sehingga Allah akan menjaga ibadah umrah Anda supaya senantiasa lancar dan terjaga dari segala kesulitan yang mungkin timbul selama ibadah umrah.

Lengkapi Seluruh Dokumen Administrasi Si Kecil

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terkait dokumen administrasi si kecil untuk bisa berumrah bersama Anda. Siapkan paspor, visa, akte, KIA, hingga surat keterangan anak di bawah umur, supaya jika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda dapat menunjukkannya kepada petugas berwenang.

Anda bisa berkonsultasi dengan pihak travel umrah terkait dokumen yang dibutuhkan untuk umrah bareng anak Anda, serta perlengkapan yang harus disiapkan agar perjalanan Anda sekeluarga makin tenang dan nyaman.

Mengurus Surat Vaksin Meningitis & Covid 19

Anda wajib melampirkan surat vaksin seperti vaksin meningitis dan covid 19 tahap 2 untuk anak berusia 6-18 tahun. Untuk mendapatkan vaksin meningitis khusus untuk anak usia di bawah 2 tahun, Anda perlu konsultasi ke dokter anak terlebih dahulu.

Mengurus Surat Keterangan Sehat

Selain surat vaksin, Anda juga harus mengurus perizinan lain yaitu surat keterangan sehat yang bisa Anda lakukan melalui aplikasi Tawakkalna. Di Indonesia, surat keterangan sehat ini dikeluarkan melalui aplikasi Satu Sehat (dulu Peduli Lindungi), namun untuk anak di atas 5 tahun. Sedangkan anak di bawah lima tahun tidak memerlukan prosedur perizinan tersebut.

Bawalah Perlengkapan Umrah yang Memadai

Anda bisa mulai membuat daftar perlengkapan apa saja yang Anda perlukan untuk berumrah bersama balita. Mulai dari pakaian (pakaian ihram, baju muslim, baju tidur, pakaian dalam), alas kaki, topi dan jaket, serta keperluan lainnya.

Anda juga harus mengantisipasi apabila anak Anda masih MPASI, atau tergolong anak yang picky eater, karena bisa jadi makanan yang disediakan pihak travel kurang cocok di lidah anak Anda. Anda dapat membawa lauk alternatif, MPASI instant, atau menyiapkan camilan kesukaan si kecil supaya lebih anteng ketika dibawa beribadah umrah.

Selain itu, bila Anda sudah membawa stroller, Anda juga boleh menyewa kursi roda, karena ada tempat-tempat di mana stroller dilarang untuk masuk. Alternatifnya, sewalah kursi roda untuk mengangkut anak Anda supaya Anda (tak|tidak)) terlalu capai menggendongnya.

Pilih Waktu Umrah yang Tepat dan Cek Kondisi Cuaca

Beberapa pengalaman Mom & Dad yang membawa balita saat ibadah umrah, mereka memilih untuk melakukan perjalanan umrah pada akhir atau awal tahun, yakni sekitar bulan Desember hingga Februari. Alasannya adalah, cuaca sedang tidak terlalu dingin, juga tidak terlalu panas. Sedangkan pertengahan tahun sebaiknya dihindari karena cuaca sedang terik-teriknya.

Sebaiknya, pilih paket umrah dengan pemberangkatan di sekitar bulan tersebut, agar si kecil dan Anda pun lebih nyaman saat beribadah. Selain itu, selalu cek kondisi cuaca ketika akan berangkat, sehingga Anda bisa menyesuaikan barang bawaan serta obat-obatan yang mungkin dobutuhkan untuk mengantisipasi cuaca yang tak bersahabat di tanah suci.

Nah, bagaimana Mom & Dad, sudah punya gambaran kan, bagaimana beribadah umrah ke tanah suci bareng balita atau anak-anak? Semoga artikel ini dapat membuka wawasan Anda supaya bisa menyiapkan umrah terbaik bersama keluarga Anda.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id